FAQ

Cashfazz adalah uang elektronik berbasis server (server based) yang diterbitkan oleh PT Cashfazz Teknologi Nusantara (“Kami” atau “Penerbit”) berdasarkan izin penerbitan uang elektronik yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, yang dapat digunakan melalui aplikasi dengan nama yang sama, yaitu ‘Cashfazz’ (“Aplikasi”).

  1. Pengisian ulang (top-up) atau penambahan Saldo Cashfazz; 
  2. Pembayaran transaksi pembelanjaan atau pembelian barang dan/atau jasa dari Merchant yang tersedia pada Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada pulsa atau paket data internet; 
  3. Pembayaran tagihan yang tersedia aksesnya pada Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada tagihan listrik, tagihan air dan/atau tagihan telepon; 
  4. Fitur lain yang dari waktu ke waktu ditambahkan oleh Penerbit pada Aplikasi.

Ya, Anda wajib membuat Akun pada Aplikasi terlebih dahulu, dengan pembagian jenis Akun sebagai berikut:

  1. Pengguna Tidak Terdaftar (unregistered/basic), yaitu Akun dengan maksimal Saldo Cashfazz sebesar Rp2.000.000,- (dua juta Rupiah);
  1. Pengguna Terdaftar (registered/premium), yaitu Akun dengan maksimal Saldo Cashfazz sebesar Rp10.000.000,- (sepuluh juta Rupiah).
  1. Download Aplikasi Cashfazz di Google Play Store; 
  2. Tekan tombol ‘Daftar’ yang terdapat di layar; 
  3. Masukkan nama dan nomor ponsel kamu; 
  4. Masukkan Personal Identification Number (PIN) kamu; 
  5. Tunggu beberapa saat, kamu akan menerima kode OTP yang akan dikirim via pesan singkat (SMS). Kode One-Time Password (OTP) akan dikirimkan ke nomor nomor ponsel atau telepon genggam yang kamu daftarkan untuk membuat Akun Cashfazz; 
  6. Masukkan kode One-Time Password (OTP) yang kamu terima via pesan singkat (SMS) tersebut pada kolom yang disediakan; 
  7. Baca syarat ketentuan dan kebijakan privasi, dan tekan tombol ‘Daftar Akun Sekarang’ apabila kamu setuju; 
  8. Selamat, Akun kamu sudah terdaftar!
  1. Untuk menjadi Pengguna Terdaftar (registered/premium), kamu wajib menyelesaikan proses Know Your Customer (KYC).

    1. Masuk kedalam sub menu AKUN dan klik Status Akun 
    2. Kamu dapat memulai proses KYC dengan menekan tombol ‘Verifikasi Akun’ 
    3. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengambil gambar KTP kamu. Pastikan foto yang kamu ambil jelas, ya 
    4. Data KTP kamu akan secara otomatis terisi dalam form verifikasi KTP kamu. Pastikan tiap data yang ada di dalamnya sudah terisi dengan benar. 
    5. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah. Pastikan kamu di tempat yang terang dan lakukan petunjuk yang diminta di layar hp kamu
    6. Kamu akan diminta untuk memastikan data yang akan diverifikasi oleh tim Cashfazz. Pastikan semua data sudah terisi dengan benar dan lengkap, ya 
    7. Klik tombol lanjut untuk mengirim data untuk selanjutnya diverifikasi oleh tim Cashfazz 

    Tim Cashfazz memerlukan waktu 2×24 jam untuk memverifikasi data kamu. Kamu dapat melihat status verifikasi pada sub menu Akun > Status Akun. Apabila tidak terdapat perubahan status setelah 2 hari kerja, kamu dapat menghubungi kami dengan cara e-mail ke cs@cashfazz.com atau ke nomor (021) 50711300 untuk informasi dan bantuan lebih lanjut.

Keuntungan yang diperoleh pengguna premium adalah limit saldo mencapai Rp 10.000.000.

Saat ini, kamu dapat mengganti nomor hp yang terdaftar di akun Cashfazz kamu melalui surat elektronik (e-mail) ke cs@cashfazz.com dengan menyertakan foto KTP dan selfie, mencantumkan jumlah saldo Cashfazz terakhir yang kamu miliki, serta transaksi terakhir di akun Cashfazz kamu, dan alasan kamu ingin melakukan pergantian nomor hp.

Jika kamu lupa Personal Identification Number (PIN) Anda, silakan ikuti langkah-langkah berikut: 

  1. Masuk ke Aplikasi; 
  2. Masukkan no hp kamu; 
  3. Klik ‘Lanjut’; 
  4. Klik ‘Lupa PIN’ yang terdapat di layar bagian bawah; 
  5. Kamu akan menerima kode One-Time Password (OTP) yang akan dikirimkan via pesan singkat (SMS) ke nomor ponsel atau telepon genggam yang terdaftar pada Akun Cashfazz kamu; 
  6. Masukkan kode One-Time Password (OTP) yang Anda terima via pesan singkat (SMS) tersebut pada kolom yang tersedia; 
  7. Jika kode One-Time Password (OTP) belum diterima, klik ‘kirim ulang’ ;
  8. Masukkan Personal Identification Number (PIN) baru kamu, dan kemudian klik ‘Lanjut’; 9. Masukkan kembali Personal Identification Number (PIN) baru kamu untuk konfirmasi dan melakukan transaksi di aplikasi Cashfazz kamu.

Permintaan untuk melakukan penutupan akun kamu dapat dilakukan dengan mengirimkan permohonan melalui surat elektronik (email) ke cs@cashfazz.com dengan menyertakan foto KTP dan selfie, mencantumkan jumlah saldo Cashfazz terakhir yang kamu miliki, serta transaksi terakhir di akun Cashfazz kamu, dan alasan kamu ingin melakukan penutupan akun Cashfazz yang kamu miliki

Silakan segera menghubungi Kami dengan cara e-mail ke cs@cashfazz.com atau ke nomor 021 – 50711300 untuk informasi dan bantuan lebih lanjut.

  1. Masuk ke akun Cashfazz kamu 
  2. Pilih ‘Saldo’ 
  3. Klik tombol ‘Top Up’ 
  4. Masukkan jumlah Top Up, minimal Rp10.000 
  5. Klik tombol ‘Lanjut’ 
  6. Pilih Metode Pembayaran 

* Virtual Account
* Bank Transfer
* Gerai Retail 

  1. Klik Tombol “Bayar” 
  2. Klik “ Cara Bayar” dan Ikuti instruksi pembayarannya

Saldo Cashfazz kamu akan bertambah secara otomatis apabila pengisian ulang (top-up) atau penambahan Saldo Cashfazz kamu berhasil dikonfirmasi. Namun, jika Saldo Cashfazz kamu tidak bertambah, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cek bukti transfer kamu dan pastikan nomor rekening yang dituju sudah benar.
  2. Mohon menunggu hingga maksimal 1 jam. 
  3. Jika Saldo Cashfazz kamu belum bertambah juga, silahkan menghubungi Kami melalui surat elektronik (e-mail) ke cs@cashfazz.com, atau menghubungi (021) 50711300 untuk informasi dan bantuan lebih lanjut.

Untuk mengakses riwayat mutasi Saldo Cashfazz kamu, kamu dapat mengikuti langkah berikut :

  1. Pilih ‘Akun’;
  2. Pilih ‘Mutasi saldo’;
  3. Kemudian pada ‘Mutasi Saldo’ akan tersedia informasi riwayat penggunaan Saldo Cashfazz kamu pada setiap bulannya.

Kamu dapat melakukan pembelian voucher isi ulang untuk operator telekomunikasi atau operator lainnya yang tersedia pada Aplikasi sesuai dengan denomasi yang tersedia. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pembayaran tagihan pasca bayar (post-paid) atau tagihan rutin bulanan seperti tagihan operator selular yang tersedia pada Aplikasi. Aplikasi akan menampilkan status ‘berhasil’ atau ‘tidak berhasil’ sesuai dengan instruksi dari operator telekomunikasi atau Merchant yang bersangkutan.

Status Keterangan
Menunggu Fitur Top Up
Kamu belum melakukan pembayaran transaksi top up dan masih dalam jangka waktu ditentukanFitur PPOB
Kamu tidak memasukkan PIN setelah klik tombol bayar sehingga transaksi ini dalam waktu tertentu akan langsung berubah menjadi kadaluwarsa
Diproses Operator Saldo Cashfazz kamu sudah dipotong dan transaksi sedang diproses oleh operator telekomunikasi atau Merchant
Berhasil Transaksi kamu telah dinyatakan berhasil
Gagal Transaksi dinyatakan gagal dan Saldo Cashfazz Pengguna dikembalikan sesuai dengan jumlah transaksi yang gagal
Kadaluwarsa Kamu belum melakukan pembayaran transaksi top up/PPOB lebih dari jangka waktu ditentukan
No Jenis Layanan Biaya
1. Aktivasi Akun Cashfazz (pertama kali) GRATIS
2. Cek Saldo Cashfazz GRATIS
3. Unduh atau akses detail mutasi riwayat transaksi keuangan GRATIS
4. Pengisian ulang (top-up) atau penambahan Saldo Cashfazz melalui bank transfer, virtual account dan gerail retail Biaya yang akan dibebankan kepada Pengguna tergantung pada metode pembayaran yang dipilih.
5. Pembayaran transaksi PPOB Sesuai harga yang tertera pada Aplikasi 

Catatan: besaran biaya sehubungan dengan transaksi dapat berubah sewaktu-waktu atas diskresi Penerbit yang akan diberitahukan oleh Penerbit kepada Pengguna.

Status transaksi kamu dapat dilihat pada halaman Pesanan. Kamu dapat melakukan cek secara berkala atau lakukan refresh secara berkala untuk mengetahui perubahan status transaksi kamu.

Semua transaksi PPOB dalam product Cashfazz diproses langsung oleh operator, jika jaringan transaksi normal maka pulsa akan masuk dalam waktu 3-10 menit. Namun, untuk maksimal waktu proses suatu transaksi mohon dapat ditunggu maksimal dalam waktu maksimal hingga H+1 sejak kamu melakukan transaksi. Jika transaksi PPOB kamu masih tidak mendapat status akhir dalam waktu maksimal yang telah disebutkan, silakan dapat menghubungi kamu dengan cara e-mail ke cs@cashfazz.com atau ke nomor (021) 50711300.

Jika transaksi belum diproses, maka transaksi akan batal secara otomatis dalam waktu 1×24 jam. Namun, untuk transaksi yang sudah dilakukan pembayaran atau sudah dalam proses sistem, maka transaksi tidak dapat dibatalkan.